Apa Itu Application Programming Interface

Table of Contents [Show]

    Application Programming Interface (API) adalah sekumpulan fungsi, prosedur, dan data yang dapat digunakan oleh program komputer untuk mengakses dan menggunakan layanan dari program komputer lain. API memungkinkan dua aplikasi untuk saling berkomunikasi dan bertukar data tanpa perlu mengetahui detail implementasinya.

    API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Dalam bahasa Indonesia, API berarti Antarmuka Pemrograman Aplikasi. API adalah sekumpulan fungsi, prosedur, dan data yang dapat digunakan oleh program komputer untuk mengakses dan menggunakan layanan dari program komputer lain.

    API memungkinkan dua aplikasi untuk saling berkomunikasi dan bertukar data tanpa perlu mengetahui detail implementasinya. Misalnya, aplikasi cuaca di ponsel Anda menggunakan API dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mendapatkan data cuaca terbaru. Aplikasi cuaca tidak perlu mengetahui bagaimana BMKG menyimpan data cuacanya. Cukup dengan menggunakan API yang disediakan oleh BMKG, aplikasi cuaca dapat mengakses data cuaca tersebut.

    Ada berbagai jenis API, berdasarkan fungsinya, seperti:

    API bekerja dengan menggunakan permintaan (request) dan respons (response). Aplikasi yang ingin menggunakan API akan mengirimkan permintaan ke API, dan API akan mengirimkan respons sebagai tanggapannya.

    Permintaan biasanya berisi informasi tentang data apa yang ingin diakses oleh aplikasi. Respon biasanya berisi data yang diminta oleh aplikasi.

    API memiliki berbagai manfaat, antara lain:

    Berikut adalah beberapa contoh API:

    API adalah alat yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. API memungkinkan aplikasi untuk saling berkomunikasi dan bertukar data dengan mudah.

    Apa Itu Application Programming Interface video

    Apa Itu Application Programming Interface

    See Also

    Posting Komentar

    0 Komentar