Apa Itu Globalisasi Ekonomi

Table of Contents [Show]
    Apa Itu Globalisasi Ekonomi

    Globalisasi ekonomi adalah proses yang mengarah pada peningkatan integrasi ekonomi antarnegara dan wilayah. Proses ini ditandai dengan meningkatnya aliran barang, jasa, modal, dan tenaga kerja melintasi batas negara.

    Globalisasi ekonomi dapat dilihat dari berbagai bentuk, antara lain:

    Faktor-faktor yang mendorong globalisasi ekonomi antara lain:

    Dampak globalisasi ekonomi dapat bersifat positif maupun negatif, antara lain:

    * Peningkatan pertumbuhan ekonomi * Peningkatan efisiensi produksi * Peningkatan inovasi * Peningkatan pilihan bagi konsumen * Peningkatan ketimpangan ekonomi * Peningkatan persaingan * Kerusakan lingkungan * Kerusakan budaya lokal 

    Globalisasi ekonomi merupakan proses yang kompleks dan memiliki dampak yang luas. Penting untuk memahami berbagai aspek globalisasi ekonomi agar dapat memanfaatkan peluang dan meminimalkan risiko yang ditimbulkan.

    Apa Itu Globalisasi Ekonomi

    Pengertian Globalisasi Ekonomi dan Ciri-cirinya Halaman all - Kompas.com - Source: Kompas.com
    Apa Itu Globalisasi Ekonomi

    Memahami Pengertian dan Ciri-ciri Globalisasi Ekonomi - Istilah Ekonomi Katadata.co.id - Source: Katadata

    Apa Itu Globalisasi Ekonomi, Apa itu Globalisasi Ekonomi , 6.52 MB, 04:45, 2,206, Haikal Sudjudiman, 2020-05-28T02:22:42.000000Z, 4, Pengertian Globalisasi Ekonomi dan Ciri-cirinya Halaman all - Kompas.com, Kompas.com, 500 x 750, jpg, , 2, apa-itu-globalisasi-ekonomi

    Apa itu Globalisasi Ekonomi

    Apa Itu Globalisasi Ekonomi.

    Video ini dibuat untuk memenuhi tugas Pengantar Ilmu Ekonomi dan Bisnis (PIEB) dengan dosen pengampu Ibu Lely Ratwianingsih S.E.,M.Sc

    Haikal Narendra / Rifky Efendi Yahya
    E0019180 / E0019365
    S1 Fakultas Hukum UNS

    1. Globalisasi secara Umum
    o Proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek aspek kebudayaan lainnya.
    o Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan aktivitas ekonomi dan budaya.

    2. Ciri-ciri Globalisasi secara Umum
    o Perubahan dalam konsep ruang dan waktu.
    o Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung.
    o Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa.
    o Meningkatnya masalah bersama

    3. Globalisasi Ekonomi
    o Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.

    4. Perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi
    • Globalisasi produksi.
    o Bentuk pertama yang disampaikan adalah globalisasi produksi. Di mana, dalam hal ini sebuah perusahaan akan melakukan produksi di beberapa negara untuk menekan biaya produksi. Langkah ini dilakukan disebabkan oleh tingkat upah cukup rendah di negara-negara tersebut, murahnya tarif bea masuk, dan adanya infrastruktur yang memadai, hingga iklim usahanya kondusif.
    o Contoh : perusahaan manufaktur
    • Globalisasi Pembiayaan
    o Bentuk yang kedua adalah globalisasi pembiayaan. Perusahaan global dalam hal ini mempunyai akses untuk mendapatkan pinjaman atau melakukan kegiatan investasi (baik dalam bentuk portofolio maupun langsung) di semua negara seluruh dunia.
    o Contoh : PT. Telkom dalam upaya memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT. Jasa Marga dalam usahanya memperluas jaringan jalan tol telah menggunakan sistem pembiayaan dengan pola build-operate-transfer (BOT) bersama mitra usaha dari mancanegara.
    • Globalisasi tenaga kerja.
    o Bentuk ketiga adalah globalisasi tenaga kerja. Hadirnya tenaga kerja asing, merupakan salah satu gejala terjadinya globalisasi di bidang tenaga kerja. Dalam kondisi ini, perusahaan akan mampu untuk memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia yang sesuai dengan tingkatannya.
    o Contoh : bisa dilihat dari penggunaan staf profesional dari tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman internasional atau pemanfaatan buruh kasar yang umumnya diperoleh dari negara-negara berkembang.
    • Globalisasi jaringan informasi.
    o Bentuk globalisasi jaringan informasi merupakan wujud keempat yang dimiliki. Perwujudannya dapat dilihat pada pola kehidupan masyarakat suatu negara yang sudah dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari berbagai negara di dunia. Salah satunya disebabkan oleh majunya teknologi, jadi sarana informasi seperti radio, televisi, media cetak maupun online sudah sangat mudah diakses oleh masyarakat. Jaringan komunikasi yang makin maju juga ikut serta dalam membantu meluasnya pasar ke penjuru dunia untuk produk yang sama.
    o Contoh : Brands terkenal seperti Gucci atau Louis Vitton, Franchise Fast Food, hingga restaurant pizza sudah ada di dalam pasar dunia. Sehingga, berdampak pada selera masyarakat di negara lain, baik yang berada di kota maupun desa yang sudah menuju kepada selera global.
    • Globalisasi Perdagangan.
    o Globalisasi perdagangan yang menjadi bentuk terakhir dari globalisasi ekonomi. Pada bidang perdangan, globalisasi terwujud dalam bentuk penyeragaman dan penurunan tarif serta penghapusan hambatan-hambatan non tarif. Sehingga kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi makin ketat, cepat dan adil.

    5. Dampak Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia
    o Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dengan catatan produk ekspor Indonesia mampu bersaing di pasar internasional.
    o Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri.
    o Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia.
    o Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata.

    6. Dampak negatif globalisasi
    o Kemungkinan hilangnya pasar produk ekspor Indonesia karena kalah bersaing dengan produksi negara lain yang lebih murah dan berkualitas.
    o Membanjirnya produk impor di pasaran Indonesia sehingga mematikan usaha-usaha di Indonesia.
    o Ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi.
    o Ancaman masuknya tenaga kerja asing (ekspatriat) di Indonesia yang lebih profesional SDMnya.

    Terima Kasih dan Selamat Menonton ! :)

    Pengertian Globalisasi Ekonomi dan Ciri-cirinya Halaman all - Kompas.com

    Apa Itu Globalisasi Ekonomi,

    Apa itu Globalisasi Ekonomi

    Apa itu Globalisasi Ekonomi

    Source: Youtube.com

    Globalisasi Ekonomi dan Liberalisasi Perdagangan

    Globalisasi Ekonomi dan Liberalisasi Perdagangan

    Source: Youtube.com

    What is Economic Globalization

    What is Economic Globalization

    Source: Youtube.com

    Economic Globalization explained in under 60 seconds

    Economic Globalization explained in under 60 seconds

    Source: Youtube.com


    Apa itu globalisasi dalam ekonomi

    Apa itu globalisasi dalam ekonomi Seperti apakah ? Simak selengkapnya pada artikel bawah ! ... Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita samakan dulu persepsi tentang globalisasi globalisasi ekonomi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan globalisasi sebagai proses masuknya ruang lingkup dunia. Apa itu globalisasi bidang ekonomi.


    Apa itu globalisasi bidang ekonomi

    Apa itu globalisasi bidang ekonomi Berdasarkan dari pengertian globalisasi ekonomi, juga bentuk yang sangat nyata dari globalisasi . mana bentuk juga memiliki ciri khas sehingga mudah untuk dikenali. Seperti adanya perkembangan teknologi terjadi ketergantungan pasar sehingga interaksi kultural. Apa itu globalisasi perekonomian.


    Apa itu globalisasi perekonomian

    Apa itu globalisasi perekonomian Baca Juga: Mengenal Pertumbuhan Ekonomi Bagaimana Cara Mengukurnya ... Pengertian globalisasi ekonomi adalah sebuah proses yang muncul atau terjadi saat masuknya keilmuan ekonomi pada sebuah negara dari luar. Ilmu ekonomi yang dimaksud tersebut meliputi cara produksi, konsumsi, ... Apa yang dimaksud dengan globalisasi ekonomi.


    Globalisasi merupakan suatu proses ... ekonomi, sebagainya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBIglobalisasi adalah proses masuknya ruang lingkup dunia. · Dengan terjadinya globalisasi, tidak lagi penghalang antarnegara yang dunia. Yang terjadi belahan dunia yang lain dapat dengan mudah kita ketahui dengan bantuan-bantuan teknologi yang . Proses globalisasi sendiri sudah ... .


    Apa yang dimaksud dengan globalisasi ekonomi

    Apa yang dimaksud dengan globalisasi ekonomi Globalisasi Ekonomi adalah peningkatan integrasi ekonomi saling ketergantungan ekonomi nasional, regional, lokal seluruh dunia melalui intensifikasi pergerakan barang, jasa, teknologi, modal lintas batas. Apabila globalisasi merupakan serangkaian proses yang melibatkan berbagai ... Apa itu globalisasi ekonomi.


    Cari arti kata Globalisasi ? Klik disini temukan semua informasi lengkapnya Kamus Tokopedia! Mulai dari definisi, contoh, hingga jenisnya. .


    Apa itu globalisasi ekonomi

    Apa itu globalisasi ekonomi Apa yang dimaksud dengan globalisasi ekonomi.


    Apakah pengertian globalisasi ekonomi

    Apakah pengertian globalisasi ekonomi Secara etimologis, globalisasi ... globalization berarti proses mendunia. Makna globalisasi merupakan sebuah proses dari suatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, teknologi) yang mendunia.... Apa itu aspek ekonomi dalam globalisasi.


    Contoh globalisasi bidang ilmu ... Contoh globalisasi bidang ekonomi adalah munculnya perdagangan internasional antar negara waralaba internasional, sehingga toko-toko luar negeri bisa membuka cabang Indonesia.... Apakah pengertian globalisasi ekonomi.


    globalisasi? Berikut adalah pengertian globalisasi, proses, karakteristik dampak globalisasi bidang ekonomi sosial budaya .


    .


    terjadi karena mayoritas ... sistem ekonomi terbuka. Kemudahan dalam bermigrasi juga menjadi salah satu faktor penyebab globalisasi eksternal. Banyak orang sekarang bermigrasi dari suatu negara negara lain untuk berbagai keperluan, seperti menuntut ilmu, bekerja, berwisata, lain sebagainya. Faktor penyebab globalisasi yang kalah penting adalah kerjasama atau hubungan antar negara. Contohnya saja indonesia yang bekerjasama dengan negara-negara lain baik hubungan ... .


    Perdagangan internasional menjadi ... dekat secara ekonomi. Namun, prosesnya terjadi jauh lebih cepat daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. Globalisasi bukan hanya tentang perdagangan. juga tentang teknologi, imigrasi, budaya politik. globalisa... .


    Kegiatan perdagangan terus berkembang akibat pengaruh globalisasi bidang ekonomi. Kegiatan ekonomi perdagangan dunia menjadi semakin terbuka melintasi batas-batas wilayah sebuah negara. Tidak hanya , kegiatan ekonomi sekarang juga menyangkut masalah perpindahan tenaga kerja. .


    Selain , tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi udara lintas perbatasan, pemancingan berlebihan dari lautan juga hubungannya dengan globalisasi. Proses globalisasi memengaruhi dipengaruhi oleh bisnis tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, ... .


    Apa itu aspek ekonomi dalam globalisasi

    Apa itu aspek ekonomi dalam globalisasi Globalisasi perekonomian adalah suatu proses dalam kegiatan ekonomi serta perdagangan yang mana negara seluruh dunia akan menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terhubung dengan tanpa adanya rintangan batas territorial negara. Sebab globalisasi perekonomian mewajibkan penghapusan seluruh ... Apa itu globalisasi di bidang ekonomi.


    Apa itu globalisasi di bidang ekonomi

    Apa itu globalisasi di bidang ekonomi Globalisasi ekonomi merupakan proses pengintegrasian ekonomi nasional dalam sistim ekonomi global yang diperankan oleh aktor TNCs, , Bank Dunia. Secara Ekonomi negara Indonesia mempunyai ketergantungan pada perdagangan, produksi finansial internasional. Apa yang dimaksud dengan globalisasi bidang ekonomi.


    Apa yang dimaksud dengan globalisasi bidang ekonomi

    Apa yang dimaksud dengan globalisasi bidang ekonomi Contoh globalisasi bidang ekonomi adalah saja? Jawabannya, salah satu contoh globalisasi dalam bidang ekonomi berikut adalah perdagangan. Karena perdagangan bebas adalah salah satu globalisasi dalam bidang ekonomi. Tunggu pengertian dari globalisasi ekonomi? Apa yang dimaksud dengan globalisasi perekonomian.


    Apa yang dimaksud dengan globalisasi perekonomian

    Apa yang dimaksud dengan globalisasi perekonomian Tujuan politik tersebut lain bukan adalah untuk melakukan proteksi terhadap proses produksi dalam negara . Berdasarkan teori, perdagangan bebas menolak beragam hambatan tersebut. Ciri-ciri terjadinya globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut: Apa itu globalisasi dalam ekonomi.

    See Also

    Posting Komentar

    0 Komentar