Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem

Table of Contents [Show]
    Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem

    Faktor pembatas adalah faktor yang membatasi jumlah dan perkembangan suatu ekosistem. Faktor pembatas dapat berupa faktor abiotik (faktor fisik dan kimia) maupun faktor biotik (faktor organisme).

    Faktor pembatas abiotik adalah faktor fisik dan kimia yang mempengaruhi kehidupan organisme di suatu ekosistem. Contoh faktor pembatas abiotik antara lain:

    Faktor pembatas biotik adalah faktor organisme yang mempengaruhi kehidupan organisme lain di suatu ekosistem. Contoh faktor pembatas biotik antara lain:

    Hukum Faktor Pembatas adalah hukum yang menyatakan bahwa faktor pembatas yang paling sedikit tersedia akan menjadi faktor pembatas yang paling berpengaruh terhadap jumlah dan perkembangan suatu ekosistem.

    Ya, faktor pembatas dapat berubah. Perubahan faktor pembatas dapat disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal, seperti perubahan iklim, dapat menyebabkan perubahan faktor abiotik. Faktor eksternal, seperti aktivitas manusia, dapat menyebabkan perubahan faktor biotik.

    Untuk menentukan faktor pembatas suatu ekosistem, dapat dilakukan dengan pengamatan dan pengukuran terhadap faktor-faktor abiotik dan biotik yang ada di ekosistem tersebut. Faktor yang memiliki nilai minimum atau maksimum yang paling rendah akan menjadi faktor pembatas.

    * Suhu: Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme di ekosistem hutan. * Cahaya: Cahaya yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme di ekosistem laut. * Air: Air yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme di ekosistem padang pasir. * Nutrien: Nutrien yang terlalu sedikit dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme di ekosistem gurun. * pH: pH yang terlalu asam atau terlalu basa dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme di ekosistem rawa. * Predasi: Predasi oleh ular dapat membatasi jumlah populasi kelinci di ekosistem padang rumput. * Kompetisi: Kompetisi antar tanaman untuk air dan nutrisi dapat membatasi pertumbuhan dan perkembangan tanaman di ekosistem hutan. * Parasitisme: Parasit cacing dapat membatasi pertumbuhan dan perkembangan ikan di ekosistem perairan tawar. * Penyebaran penyakit: Penyakit virus dapat membatasi jumlah populasi burung di ekosistem hutan. 

    Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem

    faktor pembatas ekosistem | PDF - Source: SlideShare
    Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem

    FAKTOR PEMBATAS. - ppt download - Source: SlidePlayer

    Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem, Faktor Pembatas dalam Sistem Ekologi, 24.67 MB, 17:58, 4,743, Husain Latuconsina, 2020-12-07T10:07:38.000000Z, 4, faktor pembatas ekosistem | PDF, SlideShare, 453 x 320, jpg, , 2, apa-itu-faktor-pembatas-ekosistem

    Faktor Pembatas dalam Sistem Ekologi

    Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem.

    faktor pembatas ekosistem | PDF

    Apa Itu Faktor Pembatas Ekosistem,

    Faktor Pembatas dalam Sistem Ekologi

    Faktor Pembatas dalam Sistem Ekologi

    Source: Youtube.com

    FAKTOR PEMBATAS •||• Ekologi Dasar

    FAKTOR PEMBATAS •||• Ekologi Dasar

    Source: Youtube.com

    Limiting Factors in an Ecosystem

    Limiting Factors in an Ecosystem

    Source: Youtube.com

    Population Limiting Factors | Biology

    Population Limiting Factors | Biology

    Source: Youtube.com


    See Also

    Posting Komentar

    0 Komentar