Sketsa Motif Batik Bali

Table of Contents [Show]

    Tentang sketsa motif batik Bali, motif batik Bali umumnya bernuansa ukiran hewan dan/atau bunga. Hal ini dipengaruhi oleh keragaman budaya, adat, dan istiadat masyarakat Bali. Pande Ketut Krisna dari Banjar Tegeha, Desa Batu Bulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar mengedarkan batik pertama di Bali pada tahun 1970. Awal mulanya, kain batik digunakan sebagai ikat kepala atau udeng laki-laki. Namun dalam perkembangannya, batik telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

    Berikut adalah 10 motif batik khas Bali yang estetik:
    1. Motif Ulamsari Mas: Ikan mas dan udang dalam ukiran batik bermakna sebagai mata pencaharian penduduk Bali. Hingga kini, masyarakat di wilayah Bali Utara masih membudidayakan ikan mas dan udang, bahkan diekspor hingga ke luar negeri.
    2. Motif Bali Singa Barong: Singa barong adalah simbol keajaiban bagi penganut Hindu Bali. Hewan ini memiliki mitologi dengan nilai spritual yang tinggi. Karena kekuatannya, singa dijuluki sebagai raja hutan. Barong kerap terlihat dalam berbagai upacara hingga kegiatan adat dan tradisi masyarakat Bali.
    3. Motif Batik Bali Ceplok: Ceplok berasal dari kata ceplak yang artinya menempel. Motif ini menggambarkan kebersamaan dan persatuan antarwarga.
    4. Motif Batik Bali Parang Rusak: Parang Rusak memiliki makna parang yang rusak. Motif ini menggambarkan keberanian dan keteguhan hati.
    5. Motif Batik Bali Sekar Jagad: Sekar Jagad berarti bunga dunia. Motif ini menggambarkan keindahan alam dan kehidupan.
    6. Motif Batik Bali Kawung: Kawung berasal dari kata kawung yang artinya buah kelapa. Motif ini menggambarkan kesuburan dan kelimpahan.
    7. Motif Batik Bali Sidomukti: Sidomukti berarti kebahagiaan. Motif ini menggambarkan kebahagiaan dan kesenangan.
    8. Motif Batik Bali Truntum: Truntum berasal dari kata tritama yang artinya tiga aspek utama dalam hidup manusia. Aspek tersebut adalah Tuhan Yang Maha Esa, manusia, dan lingkungan hidup.
    9. Motif Batik Bali Kembang Goyang: Kembang Goyang berarti bunga yang bergoyang. Motif ini menggambarkan keindahan alam dan kehidupan.
    10. Motif Batik Bali Satria Agung: Satria Agung berarti pahlawan besar. Motif ini menggambarkan keberanian dan keteguhan hati .

    Sketsa Motif Batik Bali biasanya memiliki ciri-ciri bernuansa ukiran hewan dan/atau bunga yang dipengaruhi oleh keragaman budaya, adat, dan istiadat masyarakat Bali. Pada tahun 1970, Pande Ketut Krisna mengedarkan batik pertama di Bali yang awalnya digunakan sebagai ikat kepala atau udeng laki-laki. Namun dalam perkembangannya, batik telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

    Berikut adalah 10 motif batik khas Bali yang estetik menurut berbagai sumber:
    1. Motif Ulamsari Mas (bergaya.id) Ikan mas dan udang dalam ukiran batik bermakna sebagai mata pencaharian penduduk Bali.
    2. Motif Bali Singa Barong (Teepublic.com) Singa barong adalah simbol keajaiban bagi penganut Hindu Bali.
    3. Motif Batik Bali Kupu-Kupu (Bali-gram.com) Kupu-kupu melambangkan keindahan alam dan kebebasan.
    4. Motif Batik Bali Cendrawasih (Bali-gram.com) Cendrawasih melambangkan keindahan dan keanggunan.
    5. Motif Batik Bali Burung Merak (Bali-gram.com) Burung merak melambangkan keindahan dan kemegahan.
    6. Motif Batik Bali Bunga Teratai (Bali-gram.com) Bunga teratai melambangkan kesucian dan kemurnian.
    7. Motif Batik Bali Bunga Kamboja (Bali-gram.com) Bunga kamboja melambangkan keindahan dan kesucian.
    8. Motif Batik Bali Bunga Cempaka (Bali-gram.com) Bunga cempaka melambangkan keindahan dan kesucian.
    9. Motif Batik Bali Bunga Jepun (Bali-gram.com) Bunga jepun melambangkan keindahan dan kesucian.
    10. Motif Batik Bali Daun Pisang (Bali-gram.com) Daun pisang melambangkan kesuburan dan kelimpahan.

    Sketsa Motif Batik Bali dalam video

    Dapatkan pengetahuan terbaru tentang Sketsa Motif Batik Bali. Pelajari tentang Sketsa Motif Batik Bali yang saat ini viral dan info lain yang menarik. Tentang sketsa motif batik Bali, motif batik Bali umumnya bernuansa ukiran hewan dan/atau bunga. Hal, Pelajari tips untuk menambah ilmu Anda disini.

    See Also

    Posting Komentar

    0 Komentar