Apa Itu Field Coding

Table of Contents [Show]

    Field coding adalah sebuah teknik dalam pemrograman komputer untuk mendefinisikan data yang akan disimpan dalam memori komputer. Data yang disimpan dalam memori komputer disebut dengan field. Field coding digunakan untuk menentukan nama, tipe, dan panjang dari setiap field.

    Ada dua jenis field coding, yaitu:

    Fixed length field adalah field yang memiliki panjang yang tetap. Panjang field ini ditentukan saat field dideklarasikan.

    Variable length field adalah field yang memiliki panjang yang variabel. Panjang field ini ditentukan saat data disimpan.

    Field coding bekerja dengan cara mendefinisikan nama, tipe, dan panjang dari setiap field. Nama field digunakan untuk mengidentifikasi field tersebut. Tipe field menentukan jenis data yang akan disimpan dalam field tersebut. Panjang field menentukan jumlah byte yang akan digunakan untuk menyimpan data dalam field tersebut.

    Field coding memiliki beberapa manfaat, yaitu:

    Field coding dapat meningkatkan efisiensi memori dengan cara menyimpan data dengan cara yang lebih efisien.

    Field coding dapat mempermudah proses pemrograman dengan cara menyediakan cara yang standar untuk mendefinisikan data.

    Field coding dapat meningkatkan keamanan data dengan cara membatasi panjang data yang dapat disimpan dalam field.

    Berikut adalah contoh field coding:

    // Fixed length field int age = 18; char name[20]; 

    Pada contoh pertama, field age adalah field fixed length dengan tipe int dan panjang 4 byte. Pada contoh kedua, field name adalah field variable length dengan tipe char dan panjang 20 byte.

    Field coding adalah sebuah teknik yang penting dalam pemrograman komputer. Field coding digunakan untuk mendefinisikan data yang akan disimpan dalam memori komputer.

    Apa Itu Field Coding video

    Apa Itu Field Coding

    See Also

    Posting Komentar

    0 Komentar