Apa Itu Ekosistem Estuaria

Table of Contents [Show]
    Apa Itu Ekosistem Estuaria

    Ekosistem estuaria adalah perairan semi tertutup yang terletak di antara daratan dan laut, dan merupakan pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut. Salinitas air di estuaria bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pasang surut, aliran sungai, dan curah hujan.

    Ciri-ciri ekosistem estuaria antara lain:

    * Merupakan perairan semi tertutup yang terletak di antara daratan dan laut. * Terdapat pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut. * Salinitas air bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pasang surut, aliran sungai, dan curah hujan. * Memiliki substrat berlumpur atau berpasir. * Terdapat berbagai macam organisme, baik dari air tawar maupun air laut. 

    Jenis-jenis ekosistem estuaria antara lain:

    * Estuari daratan pesisir * Laguna atau teluk semi tertutup * Fjords 

    Fungsi ekosistem estuaria antara lain:

    * Sebagai tempat hidup bagi berbagai macam organisme, baik dari air tawar maupun air laut. * Sebagai tempat pemijahan dan pembesaran bagi ikan dan udang. * Sebagai tempat penapungan sedimen dan bahan organik. * Sebagai sumber daya alam, seperti ikan, udang, dan kayu mangrove. 

    Ancaman bagi ekosistem estuaria antara lain:

    * Pencemaran air * Perubahan iklim * Pembangunan di sekitar estuaria * Penangkapan ikan yang berlebihan 

    Ekosistem estuaria merupakan ekosistem yang penting bagi kehidupan di bumi. Ekosistem ini memiliki berbagai fungsi, seperti sebagai tempat hidup bagi berbagai macam organisme, sebagai tempat pemijahan dan pembesaran bagi ikan dan udang, dan sebagai sumber daya alam. Namun, ekosistem estuaria juga menghadapi berbagai ancaman, seperti pencemaran air, perubahan iklim, pembangunan di sekitar estuaria, dan penangkapan ikan yang berlebihan.

    Ciri-ciri ekosistem estuaria antara lain:

    • Merupakan perairan semi tertutup yang terletak di antara daratan dan laut.

    Ekosistem estuaria terletak di antara daratan dan laut, dan dibatasi oleh daratan di sisi darat dan laut di sisi laut.

    • Terdapat pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut.

    Air tawar dari sungai dan air asin dari laut bertemu di estuaria, sehingga salinitas air di estuaria bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pasang surut, aliran sungai, dan curah hujan.

    • Salinitas air bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pasang surut, aliran sungai, dan curah hujan.

    Salinitas air di estuaria bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pasang surut, aliran sungai, dan curah hujan. Pada saat pasang, air asin dari laut masuk ke estuaria, sehingga salinitas air di estuaria meningkat. Pada saat surut, air tawar dari sungai masuk ke estuaria, sehingga salinitas air di estuaria menurun.

    • Memiliki substrat berlumpur atau berpasir.

    Substrat di estuaria umumnya berlumpur atau berpasir. Lumpur di estuaria terbentuk dari sedimen yang terbawa oleh sungai.

    • Terdapat berbagai macam organisme, baik dari air tawar maupun air laut.

    Ekosistem estuaria merupakan tempat hidup bagi berbagai macam organisme, baik dari air tawar maupun air laut. Organisme yang hidup di estuaria antara lain ikan, udang, kepiting, kerang, moluska, burung, dan tumbuhan laut.

    Jenis-jenis ekosistem estuaria antara lain:

    • Estuari daratan pesisir

    Estuari daratan pesisir adalah estuaria yang terbentuk di muara sungai yang terletak di tepi pantai.

    • Laguna atau teluk semi tertutup

    Laguna atau teluk semi tertutup adalah estuaria yang terbentuk di teluk yang terlindung dari laut oleh daratan atau pulau.

    • Fjords

    Fjords adalah estuaria yang terbentuk di lembah sungai yang terendam air laut.

    Fungsi ekosistem estuaria antara lain:

    • Sebagai tempat hidup bagi berbagai macam organisme, baik dari air tawar maupun air laut.

    Eko

    Apa Itu Ekosistem Estuaria

    Identifikasi Kekayaan Sumberdaya Ekosistem Estuari - Kementerian Kelautan dan Perikanan - Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon - Source: Identifikasi Kekayaan Sumberdaya Ekosistem Estuari - Kementerian Kelautan dan Perikanan - Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon
    Apa Itu Ekosistem Estuaria

    4 Tipe Ekosistem Estuaria Berdasarkan Karakteristik Geomorfologi dan Fungsinya - Source: https://kids.grid.id/amp/473480158/4-tipe-ekosistem-estuaria-berdasarkan-karakteristik-geomorfologi-dan-fungsinya?page=all

    Apa Itu Ekosistem Estuaria, Ekosistem Estuaria, 7.76 MB, 05:39, 2,113, Rifqi Rahman, 2018-12-19T09:46:19.000000Z, 1, Identifikasi Kekayaan Sumberdaya Ekosistem Estuari - Kementerian Kelautan dan Perikanan - Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon, Identifikasi Kekayaan Sumberdaya Ekosistem Estuari - Kementerian Kelautan dan Perikanan - Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon, 401 x 802, jpg, , 2, apa-itu-ekosistem-estuaria

    Ekosistem Estuaria

    Apa Itu Ekosistem Estuaria.

    Assalamualaikum wr.wb
    Ini merupakan tugas mata kuliah ekologi perikanan, kami menyadari masih banyak kekurangan dalam video tersebut, semoga video ini dapat mempertambah wawasan kawan kawan.
    Terimakasih kepada semua yg telah membantu pada proses pembuatan video ini.
    Wassalam...

    #hidupmahasiswa
    #mahasiswaperikananaceh

    Identifikasi Kekayaan Sumberdaya Ekosistem Estuari - Kementerian Kelautan dan Perikanan - Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon

    Apa Itu Ekosistem Estuaria,

    Ekosistem Estuaria

    Ekosistem Estuaria

    Source: Youtube.com


    See Also

    Posting Komentar

    0 Komentar